Bengkulu  (ANTARA Bengkulu) - Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Provinsi Bengkulu Dr Hamzah mengatakan, kekurangan tenaga dokter di Bengkulu akan teratasi pada 2015.

"Sejalan dengan keberadaan Fakultas Kedokteran di Universitas Bengkulu yang akan menghasilkan lulusan kedokteran pada tahun 2015," katanya di Bengkulu, Sabtu.

Provinsi Bengkulu masih membutuhkan 500 orang tenaga dokter untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan, terutama di sembilan kabupaten.

Lulusan mahasiswa kedokteran dari Universitas Bengkulu diharapkan dapat menutupi kekurangan tenaga kesehatan di daerah ini.

"Angkatan pertama dimulai tahun 2008, jadi paling lambat tahun 2015 sudah ada tenaga dokter yang siap terjun ke lapangan," tambahnya.

Selain kekurangan tenaga dokter umum dan spesialis, distribusi tenaga medis tersebut juga belum merata sehingga perlu pembenahan.

Apalagi daerah terpencil seperti Pulau Enggano dan sejumlah daerah di pelosok sangat minim tenaga dokter.

Ditambah lagi persoalan banyaknya tenaga dokter yang tidak bersedia ditempatkan di daerah terisolir meski pemerintah menyediakan tunjangan khusus.

"Alasan utama mereka adalah pendidikan yang kurang memadai untuk anak-anaknya sehingga mereka menolak bertugas di daerah terpencil," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Zulman Zuhri mengatakan selain tenaga dokter umum, Provinsi Bengkulu juga membutuhkan sedikitnya 100 dokter berbagai bidang spesialis.

"Setidaknya perlu 100 dokter spesialis karena saat ini hanya ada 25 orang yang sebagian besar membuka praktik di Kota Bengkulu," katanya.

Keberadaan dokter spesialis di sembilan kabupaten lainnya, khususnya kabupaten pemekaran masih menjadi barang langka.

Semua bidang spesialis masih kekurangan karena sebagian dokter spesialis tidak bertahan di Bengkulu dengan berbagai alasan keterbatasan yang ada di daerah ini.

Ia mencontohkan, dokter spesialis kulit hanya ada seorang, yang saat ini bertugas di RSUD Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Dokter spesialis lainnya yang perlu ditambah, antara lain dokter jantung, mata, THT, spesialis bedah, penyakit dalam, Ortopedi dan lainnya. (ANT/KR-RNI)

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012