Bengkulu  (ANTARA Bengkulu) - Umat Konghucu melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti ritual sembahyang di Kelenteng Air Suci Kelurahan Lingkar Barat Kota Bengkulu  Senin (23/1) dan merayakan tahun baru Imlek 2563.

"Kami akan terus melakukan persiapan dan kebutuhan perlengkapan seperti lilin, uang kertas, lidi sembahyang, dan kertas pelindung karena ada sekitar 160 umat Konghucu akan mengikuti ritual sembahyang di Kelenteng  ini," kata pengurus Kelenteng Air Suci Lingkar Barat Kota Bengkulu, Akong kepada antarabengkulu.com,Minggu.

Umat Konghucu yang akan mulai melakukan ritual sembahyang di Kelenteng Air Suci Lingkar Barat Kota Bengkulu pada Senin (23/1) dan berakhir hingga 6 Februari 2012.

Umat Konghucu melakukan sembahyang di Kelenteng itu selain dari dalam Kota Bengkulu juga dari Kabupaten Bengkulu Utara dan Rejang Lebong, dan luar daerah seperti dari Lampung, Lubuklinggau Sumatera Selatan, Jambi, Jakarta, Riau dan Medan, Sumatera Utara, katanya.

"Mereka yang dari luar Provinsi Bengkulu melakukan sembahyang di Kelenteng ini biasanya berwisata ke Kota Bengkulu  bersama keluarga atau warga daerah ini yang pulang kampung untuk bertemu dengan keluarga besar masing-masing," katanya.

Selain melaksanakan ritual sembahyang, ratusan umat Konghucu juga akan menggelar acara hari ulang tahun Kelenteng Air Suci pada 28 Januari 2012.

"Pada pagi harinya, kami akan melakukan kegaiatan masak bersama, lalu siang harinya akan menampilkan permainan barongsai dan hingga sore akan dilakukan kegiatan hiburan musik," katanya. (mhe)




Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012