Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Ahmad Hijazi menyebutkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dalam 56 desa di daerah itu berjalan lancar dan kondusif.

"Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades serentak yang dilaksanakan dalam 56 desa di Kabupaten Rejang Lebong berjalan kondusif," kata dia usai memantau pelaksanaan Pilkades di sejumlah desa dalam Kecamatan Padang Ulak Tanding, Binduriang dan Sindang Beliti Ulu, Kamis sore.

Selain situasi pascapemungutan suara Pilkades serentak berjalan kondusif kata dia, tingkat partisipasi pemilih juga sangat tinggi rata-rata 90 persen, hal ini menunjukan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya guna memilih pemimpin mulai membaik.

Dia berharap, pelaksanaan Pilkades daerah itu nantinya berjalan sukses, di mana tolok ukurnya bukan hanya sebatas dengan sudah adanya kepala desa yang terpilih, namun lebih dari itu dengan tidak timbulnya gejolak diantara pendukung yang menerima hasil Pilkades di desanya masing-masing.

"Kita ini bermain politik, bukan lawan politik. Sama halnya dengan Pilkades ini adalah permainan politik, jadi kalau permainan itu ada yang menang dan ada yang kalah. Kita berharap yang menang tidak bereuforia berlebihan dan yang kalah agar legowo," tambah dia.

Pada Pilkades serentak kali ini dirinya mengaku memantau langsung proses Pilkades dalam sejumlah desa seperti di Desa Belumai dan Desa Bukit Batu, Desa Kasi Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Kemudian Desa Air Apo, Desa Taba Padang, Kecamatan Binduriang, selanjutnya Desa Tanjung Heran, Desa Tanjung Agung dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Rejang Lebong AKP Margopo saat dihubungi terpisah mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak di 56 desa di Rejang Lebong, Kamis (20/2) berjalan aman dan kondusif, di mana dalam pelaksanaannya itu di jaga oleh ratusan petugas dari Polres Rejang Lebong dan prajurit TNI Kodim 0409/Rejang Lebong.

"Alhamdulilah pelaksanaannya berjalan aman dan kondusif, saat ini surat suara dari 56 desa yang melaksanakan Pilkades mulai ditarik dan disimpan ke Mapolres Rejang Lebong," ujarnya singkat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020