Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan jumlah pelamar calon panitia pemungutan suara (PPS) untuk pilkada serentak tahun ini sampai sekarang telah mencapai 406 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat, mengatakan telah membuka pendaftaran PPS sejak tanggal 18 hingga 24 Februari 2020 dan sampai sekarang pelamar calon PPS di daerah ini mencapai 406 orang.

Ia mengatakan, lembaganya membutuhkan minimal sebanyak enam orang pelamar calon PPS per desa dan kelurahan dari sebanyak 148 desa dan tiga kelurahan di daerah ini.

Ia menyatakan, lembaga ini membutuhkan sebanyak enam orang pelamar calon PPS per desa dan kelurahan untuk mengikuti tahapan seleksi mulai dari tahap administrasi hingga tertulis.

Sedangkan jumlah pelamar calon PPS untuk pilkada 2020 daerah ini yang akan diterima nantinya, katanya, sama seperti Pemilu tahun sebelumnya yakni sebanyak tiga orang per desa dan kelurahan.

Ia mengatakan, kalau jumlah pelamar calon PPS untuk pilkada di daerah ini kurang dari kuota yang telah ditetapkan, maka masa pedaftaran calon PPS diperpanjang sesuai dengan jadwal.

“Kita akan perpanjang lagi masa waktu pendaftaran calon PPS untuk pilkada 2020 di daerah ini. Kalau jumlah pelamar calon PPS tidak juga terpenuhi maka tahapan akan tetap berlanjut sesuai aturan,” ujarnya pula.

Tetapi kalau melihat antusias warga masyarakat setempat yang mendaftar menjadi calon PPS, ia optimis, kuota pelamar calon PPS untuk pilkada 2020 di daerah ini tepenuhi.

“Kita lihat sendiri antusias masyarakat yang mendaftar calon PPS di daerah ini. Baru hari ketiga saja jumlah pelamar calon PPS di daerah ini sudah mencapai 406 orang dan kemungkinan hari ini akan terus mengalami penambahan,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020