Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu merancang tiga agenda bertaraf nasional untuk menyukseskan target kunjungan 5.000 wisatawan asing dan domestik pada 2013.

"Promosi terus ditingkatkan, bahkan tiga agenda bertaraf nasional sudah dirancang untuk merealisasikan target kunjungan 5.000 wisatawan ke Bengkulu," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Hasanudin di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan hal itu di sela-sela kunjungan 34 orang wisatawan asing penumpang kapal pesiar MV Clipper Odyssey berbendera Bahama yang singgah di perairan Bengkulu.

Tiga agenda wisata nasional itu adalah, "Festival Bumi Rafflesia" dan "Rafflesia Beach Festival" atau Festival Pesisir yang digelar untuk memeriahkan hari pariwisata se-dunia.

Sedangkan agenda ketiga yakni "Festival Tabot" merupakan festival budaya tahunan dan diperingati warga Bengkulu menyambut 1 Muharram atau Tahun Baru Islam.

"Agenda wisata ini juga sudah kami bagikan kepada wisatawan asing yang berkunjung hari ini sehingga promosi wisata Bengkulu semakin meluas," katanya.

Agenda "Festival Bumi Rafflesia" pada Juni 2013 akan diisi berbagai kegiatan antara lain membatik kolosal, pemilihan putri pariwisata Provinsi Bengkulu, "Bengkulu Expo" yang digelar Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM.

Dalam festival tersebut juga akan digelar pergelaran budaya Bengkulu, pameran hortikultura yang digelar Dinas Pertanian, dan lomba cipta lagu daerah.

"Ada juga kompetisi treatlon dan off-road," tambahnya.

Ia mengatakan tiga agenda tersebut digelar berkolaborasi dengan sejumlah dinas dan instansi di daerah ini.

Sementara even "Rafflesia Beach Festival" pada September 2013 akan diisi dengan berbagai lomba bidang olahraga pantai seperti surfing atau selancar, voli pantai, dan lomba kuliner laut.

Pada festival ini juga digelar pemilihan Bujang Gadis Bengkulu, pameran "Kemilau Sumatra", dan pemilihan putri pesisir yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Sedangkan Festival Tabot pada 2013 akan digelar festival tari kreasi baru Melayu se-Sumbagsel, karnaval mobil hias, lomba nasyid se-Sumbagsel, sarasehan budaya daerah dan pemilihan putri busana Muslim.

"Kami akan luncurkan tiga agenda wisata tingkat nasional ini di Jakarta pada Maret 2013," ujarnya.

Ketiga agenda berskala nasional itu diharapkan mampu mengangkat objek-objek wisata andalan Provinsi Bengkulu baik wisata alam, sejarah maupun budaya.

Tentang kedatangan 34 wisatawan asing asal Amerika Serikat, Inggris, Hong Kong dan Kanada ke Kota Bengkulu, menurutnya, akan diupayakan menjadi kunjungan rutin bagi wisatawan kapal-kapal pesiar di waktu mendatang.

"Saat ini Bengkulu bukan tujuan, tapi persinggahan, jadi kami berupaya agar Bengkulu menjadi tujuan turis-turis penumpang kapal pesiar," katanya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013