Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengku melalui UPTD Puskeswan Curup menyiapkan cairan disinfektan gratis untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru atau COVID-19 di daerah itu.

"Disinfektan yang kita siapkan ini untuk membantu masyarakat yang tidak bisa mendapatkannya di pasaran, disinfektan ini diberikan secara gratis dan bisa mengambilnya di Kantor UPTD Puskeswan Curup," kata Kepala UPTD Puskeswan Curup drh Firi Asdianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Rabu.

Disinfektan yang mereka siapkan itu tambah dia, sudah mereka kemas dalam kantung plastik dengan ukuran 60 cc dan satu orang hanya diberikan satu bungkus.

Cairan disinfektan itu sendiri dilarutkan ke dalam air sebanyak 10 liter, dan selanjutnya bisa digunakan untuk penyemprotan di lingkungan tempat tinggal warga maupun di dalam ruangan.

Selain itu cairan disinfektan yang dibagikan Puskeswan Curup ini juga bisa digunakan untuk mencuci tangan atau sebagai pengganti cairan pembersih tangan atau hand sanitizer, sehingga warga yang kesulitan mendapatkan hand sanitizer bisa menggunakannya.

Stok cairan disinfektan yang mereka siapkan untuk dibagikan itu kata Firi Asdianto, mencapai 50 liter sehingga diperkirakan mencukupi untuk kebutuhan warga Rejang Lebong.

Cairan disinfektan yang dibagikan itu merupakan stok Puskeswan Curup 2019 untuk pengendalian sejumlah penyakit menular seperti rabies dan flu burung, namun tidak dipakai lantaran pada tahun sebelumnya tidak ditemukan kasus flu burung.

"Karena masyarakat Rejang Lebong saat ini membutuhkan cairan disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 sehingga kami berinisiatif untuk membagikan secara gratis," tambah dia lagi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020