Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kota Bengkulu membutuhkan anggaran sebesar Rp150 miliar untuk memperbaiki seluruh jalan yang rusak di wilayah kota itu.

"Untuk memperbaiki seluruh jalan di wilayah Kota Bengkulu membutuhkan Rp150 miliar, karena keterbatasan dana hanya dianggarkan Rp30 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum setempat, Herawansyah, Jumat.

Ia mengatakan, alokasi dana Rp30 miliar itu akan diarahkan  untuk memperbaiki 43 ruas jalan.

Ruas jalan yang kondisinya rusak parah akan mendapat prioritas, sebab keterbatasan dana membuat Dinas Pekerjaan Umum harus menetapkan prioritas.

"Jalan yang rusak parah akan diprioritaskan karena kebutuhan dengan anggaran yang ada tidak sebanding," katanya.

Selain dana pembangunan jalan dari APBD 2013 Kota Bengkulu, juga memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun delapan ruas jalan.

Sementara untuk pemeliharan jalan pada 2013 tersedia sebesar Rp2 miliar yang menurutnya sangat minim.

Terkait kerusakan jalan provinsi dan jalan negara dalam wilayah Kota Bengkulu, Herawansyah meminta pemerintah provinsi lebih ketat mengawasi angkutan berat.

Sebab, sebagian besar angkutan berat, terutama bermuatan batu bara memiliki tonase yang tidak sebanding dengan kelas jalan, di mana muatan sumbu terberat untuk wilayah Kota Bengkulu hanya delapan ton.

"Sedangkan mobil muatan batu bara yang melintas seluruhnya di atas delapan ton, sehingga wajar kalau jalan dalam kota hancur," katanya.

Selain itu, terkait pembangunan jalan lingkar dalam wilayah Kota Bengkulu yang melintasi kawasan Cagar Alam Dusun Besar, ia mengatakan masih menunggu keputusan Menteri Kehutanan.

Menurutnya, pembangunan jalan lingkar tersebut akan mengatasi kerusakan jalan dalam wilayah Kota Bengkulu yang diakibatkan tonase kendaraan berat yang tidak sesuai dengan kelas jalan.

"Pembangunan jalan lingkar itu sangat diperlukan. Kalau bisa dibangun semi tol sehingga tidak ada kendaraan yang bisa berhenti di jalur itu," katanya.

Selain itu menurutnya, jika ruas jalan tersebut dibangun, maka pengawasan terhadap kawasan cagar alam wajib ditingkatkan sebab pada umumnya di sekitar badan jalan akan berdiri pemukiman. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013