Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu akan memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok (sembako) kepada 8.983 warga terdampak wabah pandemi COVID-19 di wilayah itu.

Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong Zulfan Efendi saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan bantuan paket sembako ini akan diberikan dalam waktu dekat, dimana para penerimanya adalah warga yang bukan penerima bantuan PKH maupun program Sembako dari Kementerian Sosial.

"Bantuan sosial dalam paket sembako ini akan diberikan kepada 8.983 kepala keluarga (KK), setiap KK akan menerima bantuan senilai Rp150.000," ujarnya.

Bantuan paket sembako tersebut diberikan sesuai dengan instruksi Bupati Rejang Lebong agar warga yang terdampak COVID-19 dan tidak menerima program jaminan sosial dari pemerintah pusat segera diberikan bantuan, sehingga mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Warga yang terdampak penyebaran virus mematikan ini, tambah dia, berdasarkan beberapa kategori di antaranya adalah lansia,  warga kategori hampir miskin, rentan miskin, dan korban PHK.

Bantuan yang berasal dari dana penanganan COVID-19 di daerah itu, berisikan beras 5 kg, telur, gula pasir, minyak goreng, dan tambahan cabai merah keriting.

Bantuan paket Sembako dari Pemkab Rejang Lebong ini akan diberikan selama empat bulan berjalan terhitung mulai April hingga Juli, sesuai dengan masa penanganan darurat COVID-19.

Dia mengimbau masyarakat daerah itu agar dapat mengawasi jalannya pendistribusian bantuan paket sembako bagi warga yang terdampak penyebaran COVID-19 tersebut, sehingga betul-betul tepat sasaran.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020