Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah memberikan bantuan berupa insektisida, fungisida dan rodentisida untuk mengurangi dan menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi milik dua kelompok tani di daerah ini.

"Kami telah memberikan bantuan insektisida sembilan liter, fungisida 10 liter dan rodentisida dua kilogram kepada satu kelompok tani dan insektisida 13,5 liter, fungisida 45 liter dan rodentisida enam kg kepada kelompok tani lainnya,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri di Mukomuko, Jumat.

Dinas Pertanian Mukomuko memberikan bantuan insektisida, fungisida dan rodentisida menindaklanjuti surat usulan permohonan bantuan pestisida tersebut dari Kelompok Tani Pinggir Manjuto Desa Arah Tiga, Kecamatan Lubuk Pinang.

Kemudian instansinya juga menerima surat usulan permohonan bantuan pestisida untuk mengurangi dan menanggulangi hama dan penyakit dari Kelompok Tani Tanjung Manjuto Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto.

Instansinya menyalurkan bantuan insektisida dan fungisida kepada kelompok tani ini setelah ada rekomendasi terkait tanaman yang diserang hama dan penyakit dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat.

Selanjutnya, ia mengatakan, kelompok tani ini secara swadaya menggunakan insektisida, fungisida dan rodentisida bantuan pemerintah setempat itu untuk memberantas hama wereng dan penyakit blast yang menyerang tanaman padinya.

Ia menyebutkan, seluas dua dari 25 hektare tanaman menggunakan varietas jenis mikongga, ciherang, inpari dan varietas lainnya milik Kelompok Tani Pinggir Manjuto yang terserang hama wereng coklat, ulat pulur dan hama tikus.

Kemudian ada beberapa atau spot di lahan persawahan seluas 31 hektare tanaman padi milik Kelompok Tani Tanjung Manjuto Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto yang terserang hama.

Ia menyatakan anggota kelompok tani ini sudah berupaya melakukan pengendalian secara swadaya, akan tetapi belum dapat mengurangi serangan hama dan penyakit tersebut.

Untuk itu, ia menyatakan instansinya memberikan bantuan pestisida untuk membantu kelompok tani mengurangi dan menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi.***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020