Bandarlampung (Antara Bengkulu) - Taman santap Rumah Kayu akan menggelar turnamen catur terbuka se-Lampung pada 16-17 Februari 2013 dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp12,7 juta.

"Turnamen itu akan diikuti 30 peserta dan merupakan bentuk kepedulian kami terhadap perkembangan olahraga catur," kata Ketua panitia turnamen itu, Tober LB Sidabalok, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, peserta turnamen itu dibatasi hingga 30 orang dan semuanya akan mendapatkan uang pembinaan dari panitia.

Untuk pendaftaran, lanjutnya, telah dibuka sejak 11 hingga 15 Februari ini, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp20 ribu per peserta. Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, baik juara pertama hingga dengan 30 besar.

Juara pertama akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp4 juta, juara kedua sebesar Rp2 juta, lalu juara ketiga sebesar Rp1 juta. Sedangkan peringkat keempat mendapatkan Rp750 ribu dan peringkat kelima sebesar Rp500 ribu.

Peringkat keenam sampai dengan sepuluh, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp300 ribu, lalu peringkat 11 sampai 20 menerima uang Rp200 ribu, lalu peringkat 21 sampai 30 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp100 ribu.

Para peserta juga akan mendapatkan dengan "doorprize", dari panitia penyelengara saat pertandingan berakhir.

Sedangkan sistem pertandingan sendiri, akan menggunakan "Pairing Swiss Manager" dengan penentuan juara sebagai berikut; juara Catur Rumah Kayu Cup 2013 berdasarkan victory poin (VP) tertinggi, lalu progessive score (PS), solkoff (Bucholzs) dan sonneborn berger (SB).

Pertandingan menggunakan kontrol waktu 25 sampai dengan selesai, serta para peserta diwajibkan membawa papan dan buah catur serta jam catur, bagi peserta pemegang buah putih. Sanksi bagi peserta tidak membawa atau menyediahkan peralatan tersebut adalah kalah.

Turnamen Terbuka Catur Rumah Kayu Cup 2013, juga memiliki peraturan khusus yang telah diatur lebih awal yaitu setiap peserta dan penonton, diwajibkan berpakaian rapi serta sopan, serta memakai sepatu bagi seluruh peserta. Setiap peserta dan penonton dilarang merokok di dalam area atau ruangan pertandingan, peserta wajib bersikap fair play yaitu menjunjung tinggi nilai sportivitas.

"Untuk pembukaan akan berlangsung pada pagi hari, yang kami harapkan bisa dibuka langsung oleh Ketua Umum Percasi Provinsi. Kami berharap turnamen pertama ini bisa berjalan lancar, sehingga ditahun berikutnya bisa kami gelar kembali. Kami yakin peserta turnamen adalah pecatur terbaik di daerah ini," kata Tober LB Sidabalok menambahkan. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013