Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengumumkan kegiatan kegiatan jual beli di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya dimajukan dua hari dari Minggu (24/5) menjadi Jumat (22/5) menyesuaikan dengan Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Sudah diumumkan kepada masyarakat di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya terkait dengan kegiatan di pasar tersebut dimajukan hari Jumat (22/5),” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Herlian di Mukomuko, Rabu.

Kegiatan jual beli di pasar tradisional di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Koto Mukomuko yang berada di pusat ibukota kabupaten setempat dilaksanakan setiap hari Minggu.

Ia mengatakan kegiatan jual beli di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya dimajukan dua hari dari hari Minggu menjadi Jumat untuk

mengantisipasi kemungkinan bulan puasa tidak sampai 30 hari.
“Kalau misalnya bulan puasa hanya selama 29 hari, maka otomatis Lebaran dilaksanakan pada hari Sabtu (23/5) dan tidak mungkin kegiatan di pasar tradisional bertepatan dengan hari lebaran,” ujarnya.

Kalau sejumlah pedagang di pasar tradisional di daerah ini meminta agar kegiatan di pasar tersebut dimajukan satu hari saja dari hari Minggu menjadi hari Sabtu karena pada hari Jumat ada kegiatan di pasar tradisional yang dekat dengan pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya.

Akan tetapi, katanya, pihaknya tetap mengarahkan kegiatan jual beli di pasar tradisional di daerah ini dimajukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan kegiatan di pasar bertepatan dengan lebaran.

Sementara itu, katanya, berdasarkan pengamatannya dalam minggu ini hampir mayoritas pasar tradisional yang tersebar di sejumlah wilayah ini dipadati oleh masyarakat di daerah ini.

“Dalam minggu sejumlah pasar tradisional dipadati pengunjung karena mereka ingin membeli kebutuhan menjelang lebaran tahun ini,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020