Bengkulu,  (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu mulai menggiatkan pembenahan di berbagai sektor untuk membidik Piala Adipura yang penilaian tahap keduanya dilaksanakan pada akhir Maret 2013.

"Kita akan lakukan percepatan pembangunan untuk kejar Adipura," kata Wali Kota Bengkulu H. Helmi Hasan, di Kota Bengkulu.

Menurut dia, pembenahan di berbagai sektor mulai digiatkan mulai dari infrastruktur, penataan serta kebersihan kota.

Seperti perbaikan lampu jalan, jalan raya, penataan taman-taman kota serta membersihkan sampah-sampah.

Untuk melakukan percepatan pembenahan dikarenakan waktu penilaian yang sangat sempit, Wali Kota Bengkulu itu mengajak kerja sama berbagai aspek mulai dari SKPD-SKPD, masyarakat serta pengusaha yang ada di Kota Bengkulu.

"Kita mengajak perbankan untuk berkotribusi, seperti penyediaan tempat atau kendaraan sampah, dan perbankkan silahkan mengiklankan banknya di sana (kendaraan) sebagai bentuk kerjasamanya," kata dia.

Ia mengatakan, pemkot telah mengajak perbankkan baik swasta maupun BUMN untuk ikut andil terhadap pembenahan agar Kota Bengkulu benar-benar siap pada saat penilaian Adipura tahap II.

"Kita berharap setiap perbankan serta perusahaan lainnya berkontribusi terhadap pembenahan, seperti BPD (Bank Bengkulu) rencananya akan membenahi simpang lima, dan bank lainnya mungkin juga bisa membenahi tempat lainnya," kata dia.

Wali kota itu menjelaskan, masyarakat juga akan turut andil dengan membersihkan daerah di sekitar tempat tinggalnya sehingga tercipta Kota Bengkulu bersih.

"Nanti kita akan `launching` rencananya tanggal 26 Februari kegiatan bulan bakti gotong royong, dan semua pihak akan diikutkan, pemerintah, perbankan, masyarakat, termasuk media massa," kata dia.

Terkait waktu penilaian mepetnya waktu untuk pembenahan dikarenakan penilaian tahap II akan dilaksanakan pada akhir maret nanti, Helmi mengatakan akan mengusahakan semaksimal mungkin.

"Mengapa tidak, yang penting kita usahakan secara maksimal dan juga akan bekerjasama dengan berbagi pihak agar percepatan pembenahan terlaksana," kata dia.  (boy)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013