Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung mengumumkan kelulusan para siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara online dalam jaringan pada Jumat malam pukul 22.00 Wib.

"Pengumuman dilakukan secara online di setiap sekolah melalui website sekolah itu masing-masing jam 22.00 Wib malam ini," kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung, Eka Afriana Novel, di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya dengan adanya virus COVID-19 ini pengumuman kelulusan secara online sudah tepat untuk dilakukan untuk mencegah penularan virus tersebut, apalagi selama ini juga para siswa sudah melakukan pembelajaran secara daring.

Sedangkan, lanjut dia, untuk pembagian surat keterangan lulus (SKL) tetap akan dibagikan di sekolah masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah Pusat maupun Daerah guna mencegah penularan COVID-19.

"Jadi kalau siswanya ada beberapa orang kita harus membaginya secara bertahap dalam beberapa hari," jelasnya.

Ia mengegaskan bahwa jangan sampai pihak sekolah menganggap remeh COVID-19 ini sebab ini menyangkut keberlangsungan hidup dari anak-anak bangsa sehingga apapaun bentuknya pihaknya akan menyesuaikan dengan aturan yang berlaku dari pusat dan Pemda.

Sementara itu, Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se- Bandarlampung Irwan Qalbi, mengharapkan tidak ada euforia berlebihan dari para siswa dalam dan tetap di rumah saja dalam menyikapi pengumuman kelulusan.

"Untuk tahun ini siswa SMP yang lulus ada sekitar 15.000 dari 37 sekolah negeri dan 80 sekolah swasta," kata dia.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang memverifikasi ke semuanya apakah mereka akan lulus semua atau ada yang tidak lulus.

"Belum tau apakah mereka lulus semua atau tidak lulus, karena semua sekolah sedang membuat laporan," kata dia.

Namun, kata dia, untuk bisa lulus para siswa harus memenuhi indikator seperti memiliki nilai dari semester I hingga V dan siswa harus mempunyai akhlak dan Budi pekerti yang baik.

"Karena kita tidak ada Ujian Nasional (UN) tahun ini jadi indikator tersebut harus terpenuhi jika siswa ingin lulus," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, para siswa untuk bisa masuk ke dalam website sekolah untuk mengetahui hasil pengumuman kelulusan mereka dapat login dengan nomor peserta ujian mereka.

Pewarta: Dian Hadiyatna

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020