Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menargetkan semua desa dari 148 desa di daerah itu mengajukan penyaluran alokasi dana desa atau ADD tahap kedua sebesar 40 persen dalam bulan Juni 2020.

“Kami akan melakukan rekonsiliasi alokasi dana desa dan dana desa bersama dengan pihak desa dalam bulan ini, setelah itu nantinya semua desa mengajukan penyaluran ADD,” kata Kasi Administrasi Penggunan Keuangan dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Sabtu.

Sampai sekarang baru 41 desa dari 148 desa di daerah itu yang telah mengajukan penyaluran alokasi dana desa tahap kedua sebesar 40 persen.

Dari 41 desa yang mengajukan penyaluran ADD sebanyak 15 desa dan yang telah menerima penyaluran ADD sebanyak 26 desa setelah itu SP2D.

Ia menyatakan instansinya akan melakukan rekon untuk memastikan penyebab desa lainnya di daerah ini belum mengajukan penyaluran alokasi dana desa tahap kedua sebesar 40 persen.

Kemudian instansinya meminta desa lainnya yang belum mengajukan penyaluran ADD tahap dua ini untuk segera menyampaikan dokumen dan persyaratan pengajukan penyaluran ADD.

Sebanyak 41 desa dari 148 desa di daerah ini mengajukan penyaluran alokasi dana desa tahap kedua sebesar 40 persen rata-rata untuk membayar gaji perangkat desa, operasional, tunjangan, pemerintahan dan pembinaan.

Sebanyak 148 desa di daerah ini tahun ini menerima alokasi dana desa yang bersumber dari APBD sekitar Rp74,2 miliar atau meningkat sekitar Rp21 miliar dibandingkan tahun sebelumnya sekitar Rp53 miliar.

Begitu juga dengan dana desa untuk sebanyak ratusan desa di daerah ini pada 2020 sebesar Rp124,475 miliar atau meningkat sekitar Rp343,4 juta dibandingkan tahun 2019.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020