Komando Resort Militer (Korem) 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu resmi dipimpin jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal TNI, setelah status Korem itu dinaikkan menjadi tipe A.

"Kenaikan tipe A terhadap Korem ini sudah disetujui sebelum saya diberikan tugas untuk menjabat sebagai Danrem 041 Gamas," kata Komandan Korem (Danrem) 041 Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil, Sabtu.

Ia menjelaskan, kenaikan status Korem itu diiringi juga dengan kenaikan pangkat Danrem yang sebelumnya Kolonel dan sekarang menjadi Brigadir Jenderal TNI.

Kenaikan pangkat itu berdasarkan Keputusan Presiden RI No 41/TNI/Tahun 2020, yang dilandasi surat dari Panglima TNI No R/406-08/08/24 tentang kenaikan pangkat Danrem O41 Gamas.

"Keppres tersebut dikeluarkan Selasa lalu dan untuk pelantikan ataupun pengukuhan kenaikan pangkat terhadap saya tersebut, rencananya langsung dilakukan Panglima TNI pada Rabu (10/6) medatang," ucapnya.

Ia menambahkan, kenaikan status Korem menjadi tipe A itu juga berdampak pada penambahan jumlah Komando Rayon Militer (Koramil) dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Selain itu, kata dia, sembari menunggu agenda pelantikan, pihaknya juga masih menunggu petunjuk terhadap penyesuaian kepangkatan, khususnya di lingkungan Korem 041 Gamas.

"Dengan kenaikan tipe Korem untuk agenda penambahan Kodim belum ada, paling yang ada itu penambahan sejumlah Koramil," demikian Yanuar.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020