Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyatakan hingga kini baru sebanyak 85 desa dari 148 desa di daerah ini yang mengajukan penyaluran alokasi dana desa (ADD) tahap kedua sebesar 40 persen.

Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Selasa, mengatakan dari sebanyak 85 desa yang mengajukan penyaluran ADD, berkas pengajuan 68 desa yang sudah sampai Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Dari sebanyak 68 desa di daerah ini, sebanyak 17 desa yang telah menerima penyaluran ADD tahap dua di rekeningnya masing-masing dan belasan desa tersebut sudah bisa mencairkan dana tersebut,” ujarnya pula.

Ia mengatakan, hingga kini masih ada sebanyak 63 desa lagi di daerah ini yang belum mengajukan penyaluran alokasi dana desa tahap dua karena proses minta rekomendasi dari camat dan berbagai persiapan persyaratan pengajuan penyaluran alokasi dana desa yang bersumber dari APBD.

Selanjutnya, ia mengatakan, instansinya akan mengimbau seluruh desa di daerah ini untuk segera mengajukan penyaluran alokasi dana desa tahap dua paling lama minggu keempat bulan Juni 2020.

“Minggu keempat bulan Juni 2020 harus selesai ADD tahap dua, tetapi tidak mungkin desa mengajukan penyaluran ADD tahap kedua di penghujung bulan karena butuh proses untuk penyaluran dana desa tersebut,” ujarnya.

Sebanyak 148 desa di daerah ini tahun ini menerima alokasi dana desa yang bersumber dari APBD sekitar Rp74,2 miliar atau meningkat sekitar Rp21 miliar dibandingkan tahun sebelumnya sekitar Rp53 miliar.

Begitu juga dengan dana desa untuk sebanyak ratusan desa di daerah ini pada 2020 ini sebesar Rp124,475 miliar atau meningkat sekitar Rp343,4 juta dibandingkan tahun 2019.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020