Pemerintah Provinsi Bengkulu berencana memulai pemulihan aktivitas masyarakat dengan menerapkan tatanan normal baru setelah 15 Juni 2020.

"InsyaAllah kalau tidak ada perubahan di atas tanggal 15 Juni ini Bengkulu sebagai salah satu provinsi yang dibolehkan menerapkan tatanan hidup baru," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Rabu.

Ia menjelaskan penerapan tatanan normal baru, yang mencakup pelaksanaan protokol pencegahan COVID-19, akan mencakup tempat peribadatan, sekolah, serta pasar dan tempat kegiatan ekonomi lainnya.

"Untuk itu pertama kali yang saya datangi adalah masjid, sejak minggu lalu kita sudah melaksanakan Jumatan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," katanya.

Ia mengatakan pemerintah provinsi masih punya waktu sekitar sepekan untuk mempersiapkan penerapan tatanan normal baru, termasuk menggencarkan sosialisasi mengenai adaptasi terhadap kebiasaan baru untuk mencegah penularan COVID-19.

"Mudah-mudahan dengan persiapan lebih kurang sekitar satu minggu ini masyarakat semakin paham, kemudian semangat dan rasa percaya diri kita semakin kuat," kata Rohidin.

Ia mengatakan bahwa pada fase normal baru warga harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker saat di luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan usai beraktivitas.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020