Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan penerimaan zakat, infaq dan sedekah di wilayah itu saat ini mencapai Rp905,5 juta dari target Rp2,5 miliar.

Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan Baznas Rejang Lebong, Johan Matsa di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan besaran dana zakat, infaq dan sedekah atau ZIS tersebut dihimpun terhitung Januari hingga Mei 2020.

"Jumlah dana yang berhasil dihimpun dari zakat, infaq dan sedekah yang berhasil dihimpun oleh Baznas Rejang Lebong terhitung Januari sampai dengan Mei 2020 sebesar Rp905.514.874," kata dia.

Dia menambahkan, penerimaan Baznas Rejang Lebong ini terdiri dari zakat melalui unit pengumpul zakat (UPZ) di lingkungan Pemkab Rejang Lebong sebesar Rp669,03 juta, kemudian zakat maal atau perorangan Rp42,1 juta, zakat BPD Bank BPD Cabang Bengkulu Rp75 juta.

Selanjutnya, zakat yang berasal aparatur sipil negara (ASN) vertikal Rp97,1 juta. pembayaran zakat melalui UPZ masjid Rp363.000, dan infaq sebesar Rp21,8 juta.

Adapun dana yang dihimpun pihaknya kata dia, kebanyakan berasal dari kalangan ASN di Pemkab Rejang Lebong, kemudian ASN vertikal, sisanya berasal dari perorangan serta yang dihimpun melalui UPZ di masjid-masjid.

Dana yang dihimpun ini kemudian didistribusikan ke masyarakat Kabupaten Rejang Lebong yang tidak mampu dalam berbagai program di antaranya Rejang Lebong Taqwa, Rejang Lebong Cerdas, Rejang Lebong Sehat, dan Rejang Lebong Sejahtera serta program Rejang Lebong Peduli.

Bantuan dari Baznas ini selain diberikan kepada masyarakat kurang mampu, anak yatim, fakir miskin dan lainnya, juga diberikan kepada masyarakat yang mengalami bencana alam seperti korban tanah longsor di Sindang Dataran maupun warga yang menjadi korban kebakaran.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020