Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu optimistis tahapan pencocokan dan penelitian atau coklit sebanyak 124.363 data pemilih Pilkada selesai bulan Juli 2020.

“Kalau melihat progresnya sepertinya bisa selesai bulan Juli 2020, dan kami optimis bisa selesai,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin di Mukomuko, Selasa.

Sebanyak 370 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan di daerah ini yang melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit sebanyak 124.363 data pemilih Pilkada 2020.

Ia mengatakan, kegiatan coklit data pemilih di daerah ini telah berjalan selama empat hari dan PPDP telah melakukan coklit terhadap sebanyak 28.886 data pemilih yang tersebar di daerah ini.

“Kalau sesuai dengan jadwal pelaksanaan coklit data pemilih telah berjalan selama empat hari, tetapi coklit data pemilih yang efektif itu baru dua hari, dua hari sebelumnya proses,” ujarnya.

Ia yakin, kalau ‘ritme” kerja PPDP dalam melakukan coklit data pemilih di daerah ini masih seperti ini, maka tidak tertutup kemungkinan coklit data pemilih selesai dalam bulan ini.

Setelah PPDP di daerah ini menyelesaikan coklit data pemilih dalam bulan Juli tahun ini, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan daftar pemilih sementara pada bulan Agustus 2020.

“Kalau penyusunan DPS mulai awal bulan Agustus tahun ini, maka KPU punya banyak waktu memberikan kesempatan kepada masyarakat menanggapi DPS atau uji publik sebelum DPS ditetapkan dan menjadi daftar pemilih tetap,” ujarnya.

Ia mengatakan, terkait dengan pola kerja yang dilakukan oleh PPDP dalam melakukan coklit data pemilih di daerah ini pada umumnya dilakukan pada sore hingga malam hari karena pada saat itu warga ada di rumahnya.

“PPDP melakukan coklit data pemilih pada sore hingga malam hari karena pada umumnya masyarakat kita ini pada pagi hari tidak berada di rumah. Pada pagi hari mereka bekerja,” ujarnya.***2***

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020