Bengkulu (Antara Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, gelombang laut Bengkulu rata-rata tinggi dua meter.

Gelombang dua meter itu juga terjadi diperairan Enggano dan perairan Bengkulu, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Senin.

Ia mengatakan, gelombang laut dua meter itu tetap lebih tinggi dari gelombang normal di perairan Bengkulu 1,7 meter, sedangkan hembusan angin rata-rata berkecepatan 18 knots.

Angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Barat daya hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar 03-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan lebat.

Selanjutnya angin di perairan Enggano dan Barat Bengkulu berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 03-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan hingga sedang.

Pada peringatan dini BMKG, kata dia, warga Bengkulu untuk meWaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi pada sore / malam hari diwilayah  Bengkulu bagian utara dan tengah.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera Barat,  Kep. Mentawai, Sumatera Selatan, Kep.Riau, Jambi, Bengkulu hingga Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar 05 - 32 km/ jam atau 03 - 18 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar berpeluang hujan sedang, terutama di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara dengan suhu antara 22-32 derajat celcius dan kelembaban berkisar 65-99 persen.

Sedangkan di Bengkulu Selatan, Kaur dan Kota Bengkulu berpeluang hujan ringan dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 63-97 persen, ujarnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013