Warga Desa Tumbuan Kabupaten Seluma resah dengan kemunculan satwa langka dilindungi harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di sekitar kebun warga dan memangsa 10 ekor kambing milik Khairil.

"Banyak jejak harimau di sekitar bangkai kambing yang mati jadi kami menduga ini dimangsa harimau," kata Khairil di Seluma, Senin.

Ia mengatakan harimau Sumatera diduga turun dari kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu dan memangsa ternak kambing warga yang dipelihara di lokasi perkebunan di Desa Tanjung Kuaw.
Sebanyak delapan ekor kambing milik Khairil ditemukan mati sedangkan dua ekor lainnya sudah habis diduga sudah dimangsa harimau. 

Untuk menghindari kerugian yang lebih besar, pemilik ternak memindahkan 11 ekor kambing lainnya ke kediamannya di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi. 

"Kami menduga ternak ini dimangsa harimau karena banyak jejak di sekitar lokasi kambing itu mati," kata Kades Tanjung Kuaw, Heri Yulianto. 

Seksi Konservasi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, langsung turun ke lokasi usai mendapat laporan dari warga. 

"Menurut informasi warga seperti itu. Tim BKSDA seksi wilayah II Seluma juga sudah cek ke lapangan untuk memastikan benar kambing dimangsa harimau," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Bengkulu, Mariska Tarantona.

Pewarta: Rian

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020