Pemerintah Kota Bengkulu telah menyalurkan bantuan 10.750 kilogram benih padi untuk 430 hektare lahan sawah milik 46 kelompok tani di enam kecamatan di Kota Bengkulu.

"Kita telah menyalurkan ke 46 kelompok tani di enam kecamatan sebanyak 10.750 kilogram benih dengan varietas situbagendit untuk 430 hektare lahan persawahan," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu Syahrul Tamzie di Bengkulu, Selasa.

Kata dia, pihaknya sebenarnya mengusulkan bantuan benih padi sebanyak 14.500 kilogram untuk 580 hektare lahan persawahan di Kota Bengkulu ke Kementerian Pertanian melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu.

Namun sejauh ini yang telah disalurkan baru mencapai 10.750 kilogram benih padi untuk 430 hektare lahan persawahan.

"Sedangkan untuk 150 hektare di Kecamatan Singaran Pati menyusul dengan mendapatkan bantuan benih padi sebanyak 3.750 kilogram," paparnya.

Syahrul mengatakan tujuan pemberian bantuan benih padi tersebut untuk meningkatan produktivitas dan kualitas hasil pertanian tanaman pangan oleh petani di Kota Bengkulu.

Selain itu, bantuan benih ini juga untuk memfasilitasi tumbuh dan kembangnya usaha tanaman pangan para petani agar mampu menghasilkan produksi terbaik dari hulu hingga hilir.

"Melalui pemberian benih ini kita harapkan pembangunan pertanian tanaman pangan berorientasi pada peningkatan produksi dan kualitas hasil dan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas benih," demikian Syahrul.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020