Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan modal usaha berupa benih dan pakan ikan gurami kepada Koperasi Gempi Mina Jaya yang bergerak di sektor budidaya perikanan air tawar di Kecamatan Teramang Jaya.

“Tahun ini kita dapat program percontohan ikan gurami dan kegiatan ini berupa pembelian benih dan pakan ikan gurami untuk modal usaha koperasi,” kata Kabid Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan di Mukomuko, Selasa.

Dinas Perikanan setempat pada 2020 mendapat dana alokasi khusus (DAK) bidang perikanan sebesar Rp150 juta untuk membeli benih dan pakan ikan sebagai percontohan budidaya ikan gurami di daerah ini. Dana alokasi khusus sebesar Rp150 juta dibagi dalam lima paket untuk lima orang anggota koperasi yang sudah melakukan aktivitas budidaya perikanan air tawar.

“Sebanyak lima anggota koperasi ini sudah memiliki kolam sendiri, kemudian mereka ini akan mendapatkan bantuan benih dan pakan ikan gurami untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya pula.

Selanjutnya kegiatan ini bergulir dari anggota koperasi yang sudah mendapatkan bantuan modal usaha kepada anggota koperasi yang belum mendapatkan bantuan ini.

Selain itu, menurutnya, kegiatan ini menerapkan pola bagi hasil. Siapa saja anggota koperasi ini boleh memanfaatkan bantuan benih dan pakan ikan gurami dari pemerintah setempat setelah mereka mengembalikan modal kepada koperasi.

“Kegiatan ini bagi hasil, modal dikembalikan dahulu kepada koperasi, setelah itu mereka bisa bagi hasil dengan cara menggulirkan kegiatan ini kepada anggota koperasi yang belum mendapatkan bantuan ini,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei, katanya, usaha budidaya ikan gurami yang telah dijalani oleh anggota koperasi ini dan sejumlah masyarakat di daerah ini termasuk berjalan dan diharapkan bisa berkembang.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020