Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menyiapkan sekitar 10.000 benih ikan gurami untuk Koperasi Gempi Mina Jaya yang bergerak di sektor budi daya perikanan air tawar di Kecamatan Teramang Jaya.

“Koperasi ini akan mendapat bantuan benih ikan gurami sebanyak 10.000 ekor. Ribuan benih ikan gurami ini dibagi menjadi lima paket untuk lima orang anggota koperasi, atau 2.000 ekor per orang,” kata Kabid Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan di Mukomuko, Sabtu.

Dinas Perikanan setempat pada 2020 mendapat dana alokasi khusus (DAK) bidang perikanan sebesar Rp150 juta untuk membeli benih dan pakan ikan sebagai percontohan budi daya ikan gurami di daerah ini.

Dana alokasi khusus sebesar Rp150 juta ini dibagi menjadi lima paket kegiatan untuk lima orang anggota Koperasi Gempi Mina Jaya yang sudah melakukan aktivitas budi daya perikanan air tawar.

Namun, ia menyatakan, pihaknya sampai sekarang belum bisa memastikan jumlah pakan ikan gurami untuk koperasi ini karena pembelian pakan ikan ini menggunakan sistem order.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan ini menerapkan sistem bergulir dari satu anggota koperasi yang telah mendapatkan modal berupa benih ikan dan pakan pada tahun ini kepada anggota koperasi yang belum mendapatkan bantuan ini.

Selain itu, katanya, kegiatan ini menerapkan pola bagi hasil. Siapa saja anggota koperasi ini boleh memanfaatkan bantuan benih dan pakan ikan gurami dari pemerintah setempat setelah mereka mengembalikan modal kepada koperasi.

“Kegiatan ini bagi hasil, modal dikembalikan dahulu kepada koperasi, setelah itu mereka bisa bagi hasil dengan cara menggulirkan kegiatan ini kepada anggota koperasi yang belum mendapatkan bantuan ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, karena bantuan dari pemerintah ini sistem bergulir sehingga semua anggota koperasi perikanan ini diharapkan mendapat kebagian bantuan modal usaha berupa benih dan pakan ikan,” ujarnya pula. ***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020