Sebanyak tiga bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mendaftar ikut Pilkada 2020 ke kantor KPU setempat hingga hari kedua pendaftaran pesta demokrasi secara serentak di daerah itu, Sabtu (5/9).

Ketua KPU Rejang Lebong Restu S. Wibowo di Rejang Lebong, Sabtu (5/9), mengatakan pendaftaran kandidat sesuai dengan tahapannya, dilaksanakan selama tiga hari, 4-6 September 2020.

"Sampai hari ini sudah ada tiga pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong dan jumlah ini masih akan bertambah sampai dengan hari terakhir besok," kata dia.

Bakal pasangan calon yang sudah mendaftarkan diri tersebut,  tambah dia, pada hari pertama Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah yang maju dari jalur perseorangan, M. Fikri Thobari-Tarsisius Samuji yang diusung PAN dan Perindo.

Pada hari kedua, pasangan M. Faisal Manaf-Fatrolazi yang diusung PKB, Hanura, Partai Demokrat, PDIP, Gerindra, serta didukung dua parpol nonparlemen yakni PPP dan PSI.

Pendaftaran peserta Pilkada 2020 di wilayah itu, kata dia, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan melakukan pembatasan jumlah orang yang bisa masuk gedung KPU.

Selain itu, mereka wajib menggunakan masker serta mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, serta dilakukan pengecekan suhu tubuh.

"Karena pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ini di tengah pandemi COVID-19 sehingga harus mematuhi protokol kesehatan, kami tidak akan memperbolehkan mereka masuk jika tidak mematuhinya," kata Restu.

Pantauan ANTARA, sampai hari kedua pendaftaran peserta pilkada di KPU Rejang Lebong, terlihat massa pendukung masih cukup banyak yang tidak menggunakan masker dan berkerumun di jalanan di depan gedung KPU guna menyaksikan acara penyambutan secara adat terhadap kandidat mereka serta melakukan konvoi kendaraan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020