Bakal pasangan calon Susilawati-Ruswan YS yang diusung Partai Golkar dan Nasdem menjadi peserta terakhir yang mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dengan diiringi ribuan massa pendukung.

Bapaslon bupati Hj Susilawati Suherman usai mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong, Minggu siang, menyatakan jika berkas mereka saat ini masih ada kekurangan syarat dokumen tidak sedang pailit, di mana berkasnya masih dalam pengiriman dari Pengadilan Niaga Medan.  

"Surat keterangan tidak pailit itu saat ini masih dalam proses pengiriman, kami sudah mengutus tim mengambilnya," kata Susilawati.

Ditambahkan, isteri dari Suherman yang merupakan Bupati Rejang Lebong dua periode 2005-2015 ini jika sudah diterima berkasnya akan langsung diserahkan sehingga berkas keduanya tidak lagi mengalami hambatan.

Untuk meraup suara terbanyak dalam Pilkada Rejang Lebong 9 Desember mendatang pihaknya, kata dia, sudah membentuk tim pemenangan dari gabungan Partai Golkar dan Nasdem serta tim keluarga.

Sementara itu, ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo menyebutkan sampai dengan hari terakhir pendaftaran terdapat empat bapaslon yang mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong baik yang diusung gabungan partai politik maupun jalur perseorangan.

"Karena seperti yang diatur dalam PKPU nomor 5 tahun 2020, pada hari terakhir pendaftaran waktunya sampai jam 12 malam, kalau yang melapor kepada kita itu semua sudah mendaftar pada hari ini, kalau memang masih ada ya silahkan mendaftar," kata dia.

Dijelaskan dia, seluruh partai politik yang sudah memiliki kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong sudah memberikan dukungan atau usungan kepada masing-masing kandidat yang mendaftarkan diri bersama dengan kandidat jalur perseorangan.

Adapun empat bapaslon yang sudah mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong ini antara lain pasangan pada hari pertama pasangan Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah yang maju dari jalur perseorangan dengan didukung PKS, kemudian pasangan calon M Fikri Thobari-Tarsisius Samuji yang diusung PAN dan Perindo.

Selanjutnya pada hari kedua pasangan calon M Faisal Manaf-Fatrolazi yang diusung PKB, Hanura, Partai Demokrat, PDIP, Gerindra, serta didukungan dua parpol non parlemen yakni PPP dan PSI.

Sedangkan pada hari terakhir peserta yang mendaftar adalah pasangan calon Susilawati-Ruswan YS yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Nasdem
Setelah proses pendaftaran ini keempat pasangan calon ini kata dia, selanjutnya akan dilakukan berkas perbaikan dari beberapa bapaslon yang dinyatakan belum lengkap pada 14-16 September nanti.

Para kandidat yang sudah mendaftar ini selanjutnya, Senin (7/9) mereka akan mengikuti tes psikologi di Kota Bengkulu, dan tanggal 8 September dilanjutkan pemeriksaan kesehatan dan tahapan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020