Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu kembali mengingatkan agar warga meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19 di daerah itu.

“Kalau kita lihat perkembangan hari ke hari memang di daerah ini sudah banyak peningkatan kasus COVID-19 yang kemarin kita bersyukur kasus cuma satu kini menjadi tujuh dalam satu bulan ini, artinya kita tetap harus meningkatkan kewaspadaan,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu mengingat jumlah kasus COVID-19 di daerah itu mengalami peningkatan dan kini menjadi tujuh orang setelah terdapat dua orang yang dinyatakan positif terjangkit virus corona jenis baru ini.

Ia mengatakan, pada saat jumpa pers, instansinya telah menyampaikan bahwa akan ada penambahan kasus baru COVID-19 yakni dua warga setempat, sehingga jumlah kasus COVID-19 di daerah ini meningkat dari lima menjadi tujuh kasus.

Ia menyebutkan, kasus 06 merupakan orang yang pernah kontak erat dengan kasus 02, dan sekarang ini orang tersebut sudah diisolasi mandiri di rumahnya di Kecamatan Pondok Suguh.

Khusus kasus 07 merupakan warga dari Kecamatan Air Rami, tetapi sebulan yang lalu yang bersangkutan ini sudah berobat di rumah sakit Kota Bengkulu ikut anaknya di wilayah tersebut.

Sehingga tidak ada kontak erat warga yang positif COVID-19 dari Kecamatan Air Rami karena keluarganya dari Air Rami sudah tidak boleh berkunjung oleh pihak rumah sakit Kota Bengkulu.

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan telah melakukan langkah seperti diketahui instansinya sudah melaksanakan pengambilan sample tes swab sendiri di Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Kalau sebelumnya instansinya mengambil sample tes swab di rumah sakit umum daerah ini kini petugas instansi ini ke lapangan melakukan pengambilan sample tes swab di Puskesmas.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020