Bengkulu (Antara Bengkulu) - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia segera membuka pendaftaran untuk menjaring Bakal Calon Wakil Bupati Seluma, Provinsi Bengkulu, untuk sisa masa jabatan 2010-2015.

"Kami akan membuka pendaftaran mulai 25 April 2015 dan akan melakukan penjaringan untuk wakil bupati mendampingi Bupati Bundra Jaya untuk sisa masa jabatan 2010-2015," kata Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKPI Bengkulu Zaryana Rait di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan penjaringan tersebut merupakan mekanisme yang dipilih partai pengusung pasangan bupati dan wakil bupati Seluma pada pilkada 2010 itu.

Seleksi itu, katanya, untuk mendapatkan sosok yang tepat mendampingi Bupati Seluma untuk melanjutkan roda pemerintahan.

Dua partai politik, yakni PKPI dan PKS merupakan koalisi partai yang memenangkan pasangan bupati dan wakil bupati di Pilkada Seluma, Murman Efendi-Bundra Jaya.

Namun, vonis penjara dua tahun yang dijatuhkan pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta terhadap Murman membuat Presiden memberhentikan dari jabatannnya.

Zaryana mengatakan setelah menyampaikan berkas calon anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten dan kota, PKPI akan membahas proses seleksi wakil bupati dengan serius.

"Setelah pendaftaran caleg tuntas, kami segera menggelar rapat pengurus untuk memfinalkan proses seleksi wakil bupati," katanya.

Menurutnya, proses pemilihan wakil bupati Seluma perlu dipercepat sehingga roda pemerintahan yang saat ini hanya dijalankan Bupati kembali normal.

Lebih lanjut Zaryana mengatakan proses pemilihan Wakil Bupati Seluma akan melibatkan Dewan Pengurus Nasional (DPN).

Sebelumnya, sejumlah kader PKPI dan PKS diprediksi akan menempati kursi Wakil Bupati Seluma, antara lain Siswadi dan Lukman dari PKS serta Gustianto dari PKPI.

Gustianto yang juga bendahara umum DPP PKPI Bengkulu mengatakan siap jika didukung partai.

"Kenapa tidak, kalau memang partai mendukung. Tidak ada keraguan bagi saya," katanya.

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013