Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menerima hasil tes usap (swab) atas 122 orang warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 dan hasilnya semua negatif.

“Sudah ada hasil tes usap yang keluar hari ini, yakni milik 122 orang dari 300 orang warga setempat dan semuanya negatif COVID-19 sehingga tersisa 178 orang warga lagi yang belum keluar hasil tesnya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima hasil tes usap atau swab terhadap 122 orang dari 300 orang warga yang menjalani tes swab setelah kontak erat dengan pasien COVID-19 dari rumah sakit M. Yunus Bengkulu.

Sebanyak 122 orang warga setempat menjalani tes usap setelah mereka ini kontak erat dengan puluhan pasien COVID-19 dari berbagai kluster Pondok Suguh, perkantoran dan perusahaan sawit.

“Warga ini kontak erat tidak hanya dari satu kluster Pondok Suguh atau kluster perusahaan saja, tetapi terdiri dari berbagai kluster penularan COVID-19 di daerah ini,” ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap hasil tes usap terhadap ratusan warga lainnya yang menjalani tes usap karena kontak erat dengan pasien COVID-19 di daerah ini juga dinyatakan negatif terinfeksi virus ini.

Karena kalau hasil tes usap terhadap semua warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 telah keluar dan hasil negatif, maka tidak ada lagi penelusuran riwayat kontak pasien COVID-19 di daerah ini.

Selanjutnya ia mengimbau agar warga yang melakukan berbagai aktivitas di wilayahnya memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Kita minta warga yang melakukan aktivitas agar memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona. Karena sampai sekarang tidak ada yang mampu menekan penyebaran Virus itu selain kita sendiri,” ujarnya.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020