Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan penelusuran atau riwayat kontak lima pasien COVID-19 sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona jenis baru di daerah ini.

“Hari ini pendataan dan penelusuran (tracing). Kalau hari ini selesai langsung pengambilan sampel tes usap (swab) orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 ini,” kata Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Izharudin di Mukomuko, Rabu.

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Mukomuko saat ini bertambah sebanyak lima orang dari sebelumnya sebanyak 49 orang kini menjadi sebanyak 54 orang.

Penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak lima orang ini, sebanyak tiga orang di antaranya dari Kecamatan Pondok Suguh, satu dari Kecamatan Kota Mukomuko dan satu dari Kecamatan Air Dikit.

Ia berharap pengambilan sampel tes usap terhadap orang yang kontak erat dengan lima pasien COVID-19 tersebut berjalan dengan lancar dan sampel tes yang dikirim dari kabupaten ini tidak ada lagi menumpuk di provinsi.

“Sekarang ini sudah banyak hasil tes usap terhadap warga setempat yang keluar dan mudah-mudahan hasil tes terhadap warga yang kontak erat dengan lima pasien COVID-19 cepat keluar,” ujarnya.

Ia menyebutkan sebanyak lima pasien COVID-19 tersebut yakni kasus 50 adalah laki-laki berinisial FLT (50) dari Kecamatan Air Dikit dan riwayat kontak dengan kasus 47, kasus 51 perempuan berinisial Y (49) dari Kecamatan Kota Mukomuko, namun belum diketahui riwayat kontak.

Kasus 52 perempuan berinisial MRM (18) dari Kecamatan Pondok Suguh dan riwayat kontak erat dengan pasien COVID-19 dari kluster Pondok Suguh, kasus 53 laki-kaki (13) dari Kecamatan Pondok Suguh riwayat kontak dengan kluster Pondok Suguh dan kasus 54 laki-laki (31) dari Kecamatan Pondok Suguh riwayat kontak dengan kluster Pondok Suguh, pasien saat ini dirawat di RSHD Kota Bengkulu.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020