Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah warga daerah itu yang terkonfirmasi positif COVID-19 terhitung sejak kasus pertama pada Juni lalu sampai saat ini mencapai 188 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan warga setempat yang terpapar virus mematikan tersebut tersebar dalam 15 kecamatan dengan klaster dari masyarakat biasa serta klaster tenaga kesehatan.

"Pada hari ini ada penambahan delapan kasus baru warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga totalnya saat ini menjadi 188 kasus, selain itu pada hari ini juga terdapat dua orang yang dinyatakan sembuh," kata dia.

Dijelaskan dia, dari 188 kasus warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini sebanyak 149 orang dinyatakan telah sembuh, kemudian tiga orang meninggal dunia dan 36 lainnya masih menjalani pengawasan maupun karantina.

Adapun penambahan delapan kasus baru ini kata dia, antara lain satu orang dari Kecamatan Curup Tengah yakni kasus 181, seorang perempuan berumur 44 tahun yang memiliki riwayat kontak dengan kasus 149 dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Kemudian empat orang dari Kecamatan Curup Tengah dan sedang menjalani isolasi mandiri yaitu kasus 182, perempuan berusia 56 tahun memiliki riwayat kontak kasus 153. Kasus 183, seorang perempuan berumur 74 tahun dengan riwayat kontak kasus 142. Kasus 184, seorang perempuan berumur 58 tahun, riwayat kontak kasus 156, serta kasus 185, seorang perempuan berumur 55 tahun, riwayat kontak kasus 156.

Selanjutnya kasus 186, perempuan berumur 29 tahun asal Kecamatan Selupu Rejang dengan riwayat kontak kasus 157 dan saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 187, seorang laki laki berumur 24 tahun asal Kecamatan Binduriang dan saat ini dilakukan isolasi mandiri. Serta kasus 188, seorang laki laki berumur 59 tahun asal Kecamatan Kota Padang, dengan keluhan sesak dan menjalani perawatan di RS Ar Bunda Kota Lubuklinggau.

Sementara itu, untuk yang dinyatakan sembuh kata dia, adalah pasien kasus 135 asal Kecamatan Curup Timur dan kasus 162 asal Kecamatan Sindang Kelingi.

Dia mengimbau masyarakat setempat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan jalan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir serta selalu menjaga jarak.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020