Bengkulu (Antara Bengkulu) - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan bahwa Pasar Barukoto di Kelurahan Pasar Pantai sudah selesai diperbaiki dan siap ditempati pedagang.

"Listrik dan air sudah masuk ke bangunan pasar, jadi sudah siap ditempati," katanya di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan hal itu menanggapi unjuk rasa ratusan pedagang pasar subuh di Jalan KZ Abidin II Kota Bengkulu.

Ratusan pedagang mendatangi Kantor Wali Kota Bengkulu menyampaikan aspirasi menolak pemindahan mereka ke Pasar Barukoto.

"Sudah ada kesepakatan bahwa pasar subuh sudah bersih pada pukul 08.00 WIB, tapi sampai jam 10 masih ada yang berdagang," katanya.

Tujuan pemindahan sekitar 400 pedagang tersebut, kata dia, untuk menertibkan pedagang, menjaga kebersihan kota dan memfungsikan Pasar Barukoto.

Menurutnya, jika semua pedagang berjualan di pinggir jalan, maka sulit untuk menciptakan suasana kondusif dan kesan semrawut dan kumuh sulit dihilangkan.

Wali Kota yang menghadiri sidang paripurna di DPRD Provinsi Bengkulu menolak membuka dialog dengan pedagang sebab menurutnya sudah ada perjanjian tapi pedagang mengingkari.

"Kalau dialog terus kapan kita mau maju, kami sudah memfasilitasi dialog beberapa kali," katanya.

Sebelumnya ratusan pedagang mendatangi Kantor Wali Kota menuntut pemerintah kota mengizinkan mereka berjualan di Pasar Subuh.

Para pedagang mengatakan kondisi di Pasar Barukoto sangat sepi dan tidak ada pembeli sehingga pedagang menolak dialihkan ke lokasi itu.

"Ini menyangkut hidup mati kami, di Pasar Barukoto tidak ada pembeli jadi kami minta berjualan di Pasar Subuh diizinkan," kata Koordinator Persatuan Pedagang Ayam Potong, Efendi.

Sebelum mendatangi Kantor Wali Kota di Jalan Basuki Rahmat, para pedagang membongkar pagar yang menutup tempat berjualan mereka.

Polisi tidak bisa menghentikan aksi tersebut karena massa sudah emosi dan membakar pagar pembatas tersebut.

"Kami tidak akan pindah ke Pasar Barukoto karena tidak ada pembeli disana," katanya.

Para pengunjukrasa akhirnya membubarkan diri karena tidak berhasil bertemu dengan Wali Kota.

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013