Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengatakan sebanyak empat orang warga setempat yang dinyatakan positif COVID-19 telah selesai menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama lebih dari 14 hari.

“Empat pasien positif COVID-19 di daerah ini sudah selesai menjalani isolasi mandiri selama lebih dari 14 hari, tetapi hanya untuk mereka, sedangkan yang kontak erat dengan empat orang ini harus menjalani isolasi mandiri,” kata Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Izharudin dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Jumlah warga yang positif COVID-19 sebelumnya bertambah empat orang sehingga totalnya menjadi 86 orang. Dari sebanyak empat orang ini, dua orang di antaranya dari Kecamatan Sungai Rumbai, satu kasus dari Kecamatan XIV Koto dan satu dari Kecamatan Lubuk Pinang.

Sedangkan pengambilan sampel tes usap atau swab terhadap empat orang warga yang tersebar di tiga kecamatan di daerah ini mulai tanggal 10-13 November 2020 di wilayahnya masing-masing.

Ia menyatakan, meskipun empat orang ini selesai menjalani isolasi mandiri, namun orang yang pernah kontak erat dengan empat orang ini harus menjalani isolasi mandiri guna mencegah penularan COVID-19.

Dinas Kesehatan setempat telah melakukan penelusuran riwayat kontak empat pasien COVID-19 tersebut dan berharap orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing guna mencegah penularan virus corona.

“Kami telah menyarankan kepada masyarakat yang pernah kontak erat dengan empat pasien COVID-19 ini untuk melakukan isolasi mandiri guna mencegah penularan penyakit akibat virus corona ini,” ujarnya.

Pelaksanaan pengambilan sampel tes usap terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan empat pasien COVID-19 di daerah ini menunggu jadwal selanjutnya, demikian  Izharudin.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020