Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyiapkan petugas pendamping bagi kaum disabilitas yang akan menggunakan hak suaranya pada Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu.

Kasubag Umum KPU Rejang Lebong Riko Saputra di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pihaknya telah menyiapkan template untuk penyandang disabilitas yang akan menggunakan hak suaranya pada 9 Desember mendatang.

"Kita siapkan petugas pendamping di 576 TPS yang ada di Rejang Lebong. Petugas ini berasal dari KPPS, bisa juga dari pihak keluarga mereka, nantinya akan kita siapkan formulir pendamping untuk pemilih disabilitas yang akan didampingi keluarganya," kata dia.

Dia menjelaskan jumlah template penyandang disabilitas ini disiapkan sebanyak 576 lembar atau per TPS diberikan satu lembar, di mana template berupa tulisan braille ini akan menjadi alat bantu pemilih disabilitas untuk membaca tulisan dengan meraba.

Sejauh ini pihaknya kata dia, masih menunggu pengiriman template surat suara dalam Pilkada Serentak 2020 guna memilih Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong serta Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang dikirim ke daerah itu dan diperkirakan akan datang dalam waktu dekat ini.

"KPU akan menyiapkan keperluan pemilih disabilitas ini sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya, kalau untuk yang lainnya kami belum tahu apa saja yang disiapkan bagi pemilih disabilitas ini," terangnya.

Sementara itu untuk logistik Pilkada Serentak 2020 yang sudah mereka terima saat ini kata Riko, ialah surat suara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong sebanyak 200.577 lembar yang terdiri dari surat suara sesuai dengan jumlah DPT sebanyak 193.462 lembar, ditambah 2,5 persen sebagai surat suara cadangan dan 2.000 lembar surat suara untuk pemilihan ulang.

Kemudian logistik lainnya ialah kotak suara sebanyak 576 unit, bilik suara sebanyak 1.152 unit, serta tinta dan ember, alat pelindung diri (APD) petugas Adhoc dan berbagai jenis form serta surat suara Pilgub Bengkulu yang saat ini masih dalam proses pelipatan.

"Untuk pelipatan surat suara Pilgub Bengkulu ini masih dalam proses pelipatan dan kami targetkan malam ini rampung," terangnya. 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020