Bengkulu (Antara Bengkulu) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan memperlebar dan membuat dua jalur jalan akses Pelabuhan Pulau Baai mulai 2013 sehingga mampu menampung kendaraan besar.

"Peningkatan jalan sepanjang 5,3 kilometer dari Simpang Pagar Dewa-pelabuhan laut itu memerlukan dana sekitar Rp47 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemprov Bengkulu Azwar Boerhan di Bengkulu, Jumat.

Jalan akses Pelabuhan Pulau Baai itu rencananya akan dibuat dua jalur dengan lebar 14 meter, dari lebar jalan yang saat ini hanya delapan meter.

Kondisi jalan dengan delapan meter itu sudah tidak mampu menampung kendaraan besar seperti angkutan petikemas dari pelabuhan ke gudang atau toko-toko di Kota Bengkulu.

Azwar mengatakan jalan berkonstruksi hotmix menuju pelabuhan itu awalnya dibangun tahun 1990-an, dan sejak dua tahun terakhir Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Bengkulu mengoperasi angkutan petikemas.

Untuk menekan tingkat kecelakaan dan memperlancar angkutan petikemas itu maka jalan pelabuhan itu ditingkatkan menjadi dua jalur.

Anggaran sebesar Rp47 miliar itu sudah diusulkan Pemprov Bengkulu ke DPRD Bengkulu dan tengah dalam pembahasan.

Asisten II Sekretariat Wilayah Daerah (Setwilda) Provinsi Bengkulu HM Nashsyah mengatakan setelah pelebaran jalan menuju pelabuhan itu, Pemprov Bengkulu akan meningkatkan ruas jalan lainnya di Bengkulu.

"Kami mendukung pengembangan angkutan petikemas di pelabuhan ke berbagai tujuan," ujar Nashsyah.

Ia menyebutkan, semua komoditas di Bengkulu ke depan akan diangkut menggunakan petikemas sehingga keamanan dan kenyamanan barang lebih terjamin.

General Manager Pelindo II Cabang Bengkulu, Nurhikmat mengatakan saat ini pihaknya sudah mengoperasi sekitar 3.000 unit petikemas. Jumlah itu akan ditingkatkan menjadi 10.000 unit untuk melayani peningkatan permintaan.

"Kami pada 2013 akan membangun dermaga khusus petikemas sehingga tidak mengganggu kelancaran bongkar muat di kawasan Dermaga Nusantara sekarang ini," ujarnya.

Pada 2013 selain membangun dermaga khusus petikemas, Pelindo II Bengkulu juga akan membangun dermaga cair untuk melayani pengangkutan minyak mentah kelapa sawit milik pengusaha perkebunan di Bengkulu. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013