Bengkulu,(Antara Bengkulu) - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu Anwar Baudin mengatakan kesiapan Kurikulum 2013 menunggu surat edaran selanjutnya mengenai petunjuk teknis implementasi kurikulum tersebut.

"Pada awalnya direncanakan hampir keseluruhan sekolah akan diterapkan Kurikulum 2013, tetapi sekitar minggu lalu kita dapat edaran dari kementerian bahwa hanya beberapa sekolah yang akan dijadikan `pilot project`nya," kata dia di Kota Bengkulu, Jumat.

Sampai sekarang menurut Anwar, belum ada lanjutan edaran tentang sekolah-sekolah yang akan ditunjuk sebagai "pilot poject" dari penerapan kurikulum 2013.

Sembari menunggu surat edaran tentang petunjuk teknis, dikatakan Anwar Diknasbud Kota Bengkulu sedang mempersiapkan "master teacher" yang akan menjadi tutor untuk memberikan pemahaman Kurikulum 2013 kepada guru mata pelajaran.

"Sekarang sadang dipersiapkan `master teacher`nya oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, dan SDM untuk `master teacher`nya dari kita," kata dia.

Walaupun Diknasbud Kota Bengkulu telah mempersiapkan tutor untuk Kurikulum 2013, tetapi menurut dia pelatihan baru bisa dilaksanakan setelah ditentukannya sekolah yang akan menjadi "pilot project".

Anwar menegaskan, meski belum ditentukannya sekolah yang akan ditunjuk mengimplementasikan Kurikulum 2013, dia berharap agar seluruh sekolah siap untuk menerapkan Kurikulum 2013.

Dia juga berharap agar secepatnya petunjuk teknis sekolah yang akan dijadikan "pilot project" dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Hal senada juga disampaikan oleh pimpinan salah satu sekolah RSBI yang ada di Kota Bengkulu, Kepala SMAN 2 Kota Bengkulu Yunan Danim, MPd mengatakan bahwa belum ada petunjuk teknis yang diedarkan.

"Sampai saat ini kita belum bisa berbuat banyak, kita harus menunggu juknisnya dulu, kita juga belum tahu sekolah mana saja yang ditunjuk sebagai `pilot project`, tetapi memang ada kemungkinan sekolah RSBI yang ditunjuk," kata dia.

Ia menuturkan bahwa SMAN 2 Kota Bengkulu siap mengimplementasikan Kurikulum 2013 jika terpilih menjadi salah satu sekolah yang menjadi "pilot project".

"Siap tidak siap kita harus siap, sampai saat ini ada beberapa sosialisasi tentang Kurikulum 2013, dan kemarin diikuti oleh waka kurikulum, nanti akan kita kembangkan kepada guru mata pelajaran," kata dia.

Kepala sekolah itu pun berharap secepatnya telah diketahui skolah yang akan ditunjuk sebagai "pilot project" dari Kurikulum 2013.

"Kalau sudah ditunjuk, kita bisa dapat pelatihan lebih lanjut, dan guru-guru bisa mendapatkan perangkat pembelajaran," kata dia.

Kurikulum 2013 rencananya akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2013-2014 yang jatuh pada tanggal 15 Juli 2013. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013