Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada tahun 2021 kembali mengusulkan bantuan benih jagung unggul untuk lahan pertanian seluas 1.500 hektare milik petani di daerah ini.

“Tahun 2021 kami mengusulkan benih jagung untuk lahan pertanian seluas 1.500 hektare milik petani. Lahan seluas itu tersebar di sejumlah wilayah daerah ini,” kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sugiyanto dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Luas lahan pertanian yang diusulkan mendapatkan bantuan benih jagung unggul kepada pemerintah pusat lebih luas dari kuota lahan pertanian yang mendapatkan bantuan benih jagung tahun ini seluas 1.447 hektare.
Ia berharap, usulan bantuan benih jagung di lahan pertanian seluas 1.500 hektare milik kelompok tani yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini dapat terealisasi dalam tahun ini.

Sedangkan lahan pertanian seluas 1.500 hektare milik petani yang diusulkan mendapatkan bantuan benih jagung unggul dari pemerintah pusat tersebar di seluruh wilayah di kabupaten ini.

Ia menjelaskan, lahan pertanian seluas 1.500 hektare milik petani yang diusulkan mendapatkan bantuan benih jagung unggul dari pemerintah pusat ini bukan lahan khusus untuk tanaman jagung, tetapi ada juga lahan tanaman komoditi lainnya seperti kebun sawit.
Lahan pertanian milik petani setempat yang diusulkan mendapatkan bantuan benih jagung tersebut diutamakan lahan “replanting” atau peremajaan tanaman kelapa sawit di daerah ini.

“Lahan replanting yang kita utamakan mendapatkan bantuan benih jagung unggul dari pemerintah. Termasuk lahan pertaniannya lainnya, atau selagi lahan tersebut masih bisa ditanam tanaman jagung,” ujarnya.

Kelompok tani di daerah ini hampir setiap tahun mendapatkan bantuan benih jagung unggul dari pemerintah pusat. Bantuan benih jagung unggul ini untuk pengembangan tanaman jagung di daerah ini.***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020