Cirebon (Antara Bengkulu) - Para pedagang buah lokal memanfaatkan kegiatan "car free day" untuk berjualan dan ternyata diserbu oleh ribuan pengunjung di Kota Cirebon, Jawa Barat.

"Buah lokal sangat diminati oleh ribuan pengunjung 'car free day' di Kota Cirebon, sehingga kesempatan baik bagi pedagang,"kata Olih salah seorang pedagang jambu biji merah di Cirebon, Minggu.

 Menurut dia, ribuan pengunjung hadir setiap pagi di jalan Siliwangi Kota Cirebon dalam kegiatan "car free day," meski hanya berlangsung sekitar tiga jam omzet penjualan  buah lokal seperti jambu biji cukup menggairahkan.

Kegiatan "car free day" membuka peluang usaha bagi masyarakat setempat, kata dia, selain pedagang buah sejumlah pedagang makanan khas Cirebon turut meraup keuntungan.

Sementara itu Murtiasih pedagang buah lokal lain mengaku, omzet penjualan buah lokal saat kegiatan "car free day" cukup menguntungka para pedagang eceran karena buah tersebut diminati oleh pengunjung.

Dirinya mengaku, sengaja datang dari Kabupaten Kuningan membawa berbagai jenis pisang, omzetnya mengejutkan dalam waktu kurang dari tiga jam sudah terjual satu gerobak.

Dia menambahkan, pisang asal Kabupaten Kuningan, ternyata laku keras oleh pengunjung "car free day," seperti pisang saba, ambon, raja, setiap berjualan sekitar 150 kilogram habis terjual.

Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno dalam kegiatan "car free day" itu mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan , selain jalan pagi yang sehat bebas kendaraan, mereka bisa berjualan berbagai aneka makanan khas dan olahan lainnya, dengan tertib dan teratur, sehingga saling menguntungkan.

Pewarta: Oleh Enjang Solihin

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013