Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Polda Bengkulu, memfokuskan pengamanan di sejumlah gereja yang ada di daerah itu pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno di Mapolres Rejang Lebong, Rabu (23/12), mengatakan pengamanan 2020 Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah itu melibatkan 500 personel gabungan yang dikemas dalam Operasi Lilin Nala 2020 ini berasal dari Polri, TNI, serta unsur dari Pemkab Rejang Lebong dan pihak lainnya.

"Fokus kita adalah pengamanan di sejumlah gereja tersebar dalam beberapa kecamatan di Rejang Lebong, kemudian juga tempat-tempat wisata dan tempat keramaian lainnya," kata dia.

Dia menjelaskan pengamanan yang dilakukan petugas gabungan ini baik yang berseragam maupun berpakaian preman di dalam gereja maupun di sekitar kawasan gereja.

Pada pelaksanaan operasi lilin kali ini, kata dia, berlangsung dalam suasana pandemi COVID-19 sehingga petugas gabungan di lapangan selain bertugas menjaga keamanan juga sudah dibekali dengan pengetahuan tentang protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Petugas gabungan ini selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum serta penerapan protokol kesehatan juga berupaya menekan kemungkinan terjadinya peningkatan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kecelakaan lalu lintas saat ini sudah menjadi pembunuh nomor satu, hanya saja pola pikir masyarakat yang masih berbeda, sehingga menganggap masalah kecelakaan lalu lintas ini adalah masalah biasa saja," kata dia.

Dia berharap pelaksanaan Natal dan Tahun Baru di daerah itu berjalan dengan kondusif sehingga nantinya tidak mengganggu kamtibmas yang dapat berimbas kepada berbagai sendi kehidupan.

Selain itu, masyarakat Rejang Lebong diminta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan selalu memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020