Bengkulu (Antara Bengkulu) - Para anggota DPRD Provinsi Bengkulu membentuk panitia pemilihan wakil gubernur yang akan mendampingi Gubernur Junaidi Hamsyah untuk sisa masa jabatan 2010-2015.

"Gubernur sudah menyerahkan dua nama calon wakil gubernur ke DPRD dan ditindaklanjuti dengan pembentukan panitia pemilihan," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ahmad Zarkasi usai memimpin rapat paripurna, Selasa.

Ia mengatakan sebanyak 12 anggota DPRD, perwakilan enam fraksi terpilih menjadi anggota panitia. Anggota Fraksi Perjuangan Rakyat, Fatrolazi terpilih sebagai ketua panitia pemilihan.

"Kami akan menyusun jadwal pemilihan dan menyerahkan ke pimpinan DPRD," kata Fatrolazi.

Sebelumnya dalam rapat paripurna, Selasa (29/5), Sekretaris DPRD Provinsi Bengkulu Sofwin Syaiful membacakan surat dari Gubernur Bengkulu tentang penyerahan dua nama calon wakil gubernur.

Dalam surat bernomor 122 tahun 2013 yang bersifat rahasia itu, dua nama calon wakil gubernur yang diusulkan Gubernur ke DPRD yakni Dian Syakhroza dan Sultan Najamudin.

Dian Syakhroza merupakan kader Partai Demokrat yang saat ini menjabat anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Provinsi Bengkulu serta Sultan Najamudin, anggota DPD RI yang juga asal Daerah Pemilihan Bengkulu.

Partai Demokrat sebelumnya mengusulkan tiga nama calon wakil gubernur ke Gubernur Bengkulu yakni Dian Syakroza, Sultan Najamudin dan Edison Simbolon yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu.

Koalisi PAN dan Demokrat berhasil memenangi pemilihan kepala daerah Provinsi Bengkulu yakni pasangan Agusrin Najamudin dan Junaidi Hamsyah.

Namun kasus korupsi menjerat Agusrin hingga divonis penjara selama empat tahun dan Presiden memberhentikan dari jabatannya.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melantik Junaidi Hamsyah menjadi gubernur definitif dan menginstruksikan agar memproses pemilihan wakil gubernur. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013