Bogota,  (Antara/Xinhua-OANA) - Polisi Nasional Kolombia (NP), Rabu (29/5), mengumumkan penyitaan 1,4 ton kokain yang disembunyikan di satu gudang di Kota Cali di bagian barat-daya negeri itu dan direncanakan akan dikirim dengan menggunakan perahu ke Guatemala, demikian laporan media.
        
Agen dari Kantor Kejaksaan Agung Kolombia dan US Drug Enforcement Agency (DEA) ikut dalam operasi tersebut, kata polisi --yang menambahkan tak ada orang yang ditangkap.
        
"Operasi ini adalah hasil dari penyelidikan yang rumit oleh kesatuan polisi. Melalui pekerjaan lapangan dan bantuan teknis, mereka mengungkap seluruh proses pengiriman melalui Pelabuhan Buenaventura," kata NP sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis.
        
"Narkotika tersebut milik gerombolan penjahat 'Los Rastrojos' dan akan diterima di Guatemala oleh satu kartel yang tidak diungkapkan," kata polisi.
        
Ditambahkannya, kartel yang tak dikenal itu boleh jadi adalah "salah satu jaringan Meksiko, berdasarkan informasi yang dibagi oleh Biro Anti-narkotika NP bersama timpalannya dari Meksiko dan Guatemala".
        
Menurut pemerintah Kolombia, barang haram tersebut disimpan di satu gudang di Cali. "Semuanya berjumlah 1.406 paket yang dibungkus dengan plastik," kata NP.


(Penerjemah:A. Rachma)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013