Jakarta (Antara Bengkulu) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan ada empat provinsi di Indonesia yang paling diminati wisatawan nusantara (wisnus) yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

"Ada empat provinsi dengan daya tarik wisata tertinggi yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, dari empat provinsi tersebut, masing-masing provinsi memiliki kekhususan dan daya tariknya yang berbeda-beda.

Menteri mencontohkan, Jawa Tengah dan Jawa Barat merupakan pusat budaya di Pulau Jawa.

"Sedangkan Jakarta dan Jawa Timur adalah pusat bisnis di Indonesia," katanya.

Menurut dia, selain menjadi daya tarik wisata tertinggi, Jakarta juga menjadi penyumbang pergerakan wisnus yang paling efektif.

Mari menyebutkan setidaknya ada sejumlah provinsi lain di Indonesia yang menjadi sumber perjalanan atau pergerakan wisnus terbesar di luar Jakarta (yang menyumbang 62 persen) yakni Yogyakarta dan Banten masing-masing sebesar 64 persen dan 65 persen.

Wisnus, kata dia, menjadi kekuatan pariwisata nasional karena kontribusi pengeluarannya terhadap perekonomian nasional cukup signifikan dari tahun ke tahun.

"Pada 2012 jumlah perjalanan wisnus sebesar 245 juta dengan rata-rata pengeluaran Rp700 ribu perorang memberikan kontribusi sebesar Rp171,50 triliun atau dua kali lipat lebih besar dari perolehan devisa wisatawan mancanegara," paparnya. (Antara)

Pewarta: Oleh Hanni Sofia

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013