Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2021 merencanakan pembangunan irigasi perpipaan di Desa Sendang Mulya, Kecamatan Penarik, guna mengairi lahan tanaman holtikultura berupa cabai merah seluas 10 hektare yang tidak terjangkau air irigasi di wilayah ini.

“Kita mengusulkan pembangunan irigasi perpipaan untuk mengairi lahan pertanian holtikultura tanaman cabai merah seluas 10 hektare tetapi tanaman holtukultura lainnya di wilayah ini,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin di Mukomuko, Jumat.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sejak tiga tahun yang lalu mengusulkan anggaran untuk pembangunan irigasi perpipaan di Desa Sendang Mulya, Kecamatan Penarik, namun belum terealisasi sampai sekarang.

Kemudian instansi ini kembali mengusulkan pembangunan irigasi perpipaan di Desa Sindang Mulya kepada pemerintah pusat dan rencananya pembangunannya pada Tahun 2021.

Ia mengusulkan pembangunan irigasi perpipaan ini untuk mengoptimalkan fungsi embung penampung air yang dibangun tahun 2016 di daerah ini untuk mengairi lahan pertanian di wilayah ini.

Ia menyatakan, meskipun di wilayah ini sudah ada bangunan embung penampung air, namun air dalam embung tersebut belum maksimal mengairi lahan pertanian di wilayah ini.

Ia mengatakan, selama ini petani tanaman cabai merah di wilayah ini mengangkat air untuk menyirami tanamannya. Petani ini mengangkat air dari dam parit yang berada dekat dengan embung penampung ari di wilayah ini.

Ia menjelaskan, jaringan irigasi perpipaan ini semuanya menggunakan pipa yang terhubung dengan embung penampunga air kemudian air dari embung dialirkan ke lahan tanaman pertanian dan holtukulta di wilayah ini,

Ia mengatakan, rencananya pembangunan irigasi perpipaan di Desa Sendang Mulya ini dilaksanakan secara swakelola oleh satu kelompok tani yang memiliki lahan tanaman holtikultura di wilayah ini.***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021