Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu meminta warga setempat tidak ragu memeriksakan kesehatan diri ke tenaga kesehatan sebagai upaya mengendalikan penyebaran COVID-19 di daerah ini.

“Tidak usah ragu memeriksa diri kepada tenaga kesehatan, semakin cepat kita mengetahui gejala virus corona dengan mudah kita dapat pertolongan sehingga penyakit kita tidak semakin parah,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Jumat (15/1).

Ia mengatakan saat ini semua tenaga kesehatan baik yang bertugas di puskesmas maupun RSUD yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 kini dinyatakan sembuh dari virus corona tersebut.

Selain itu, katanya, semua fasilitas kesehatan, yakni sebanyak 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan dan RSUD setempat buka atau memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah ini.

Ia memastikan tenaga kesehatan baik di puskesmas maupun RSUD yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran COVID-19 di daerah ini.

Selain itu, ia menyatakan, saat ini tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di daerah ini termasuk tinggi yakni sebesar 95 persen atau sebanyak 350 dari 393 pasien COVID-19 di daerah ini.

Ia mengatakan saat ini lebih banyak pasien COVID-19 yang sembuh dari pada yang masih menjalani isolasi mandiri, begitu juga dengan mayoritas tenaga kesehatan baik di puskesmas maupun di RSUD sembuh dari penyakit ini.

Apalagi sejak daerah ini cepat mengetahui hasil tes usap COVID-19 warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 sehingga daerah ini semakin cepat melakukan pengendalian penyebaran virus corona.

Satgas Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas (Unand) Padang yang bisa memberikan hasil tes usap COVID-19 secara cepat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021