Pemerintah Provinsi Bengkulu meminta ritel modern ikut memasarkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik masyarakat lokal.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu Surya Ofiana mengatakan, ada beberapa ritel modern yang telah diajak kerjasama untuk memasarkan produk UMKM tersebut.

"Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memasarkan produk lokal kita, tetapi tentunya para pengusaha UMKM tersebut harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan," kata dia di Bengkulu, Sabtu.

Surya menyebut, pihaknya menargetkan sekitar 50 UMKM yang ada di setiap kecamatan di Bengkulu tahun ini bisa memasarkan produknya di ritel modern.

Namun UMKM itu harus memenuhi persyaratan seperti memiliki izin produk industri rumah tangga (PIRT) sehingga produk yang akan dijual memenuhi standar kesehatan dan tidak berbahaya bagi masyarakat.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang menyeleksi beberapa UMKM untuk dijadikan contoh awal pemasaran produk UMKM di gerai ritel moderen.

Dia berharap program ini dapat mengangkat nama produk lokal Bengkulu khususnya produk olahan makanan dan minuman sehingga dapat dikenal lebih luas.

"Sekarang kita sedang merekrut dan minimal ada satu pioner dulu. Biasanya kalau sudah ada yang duluan maka yang lain akan mengikuti nanti pioner ini menjadi kordinator dalam kerjasama tersebut," demikian Surya.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021