Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini telah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin Sinovac yang rencananya baru akan dikirimkan ke wilayah itu pada Februari mendatang.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Rejang Lebong Sofan Wahyudi di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan sejauh ini berapa banyak alokasi vaksin COVID-19 untuk daerah itu belum diketahui karena masih menunggu informasi dari Pemprov Bengkulu yang akan menyalurkannya.

"Walau belum tahu pasti kapan akan tiba, tetapi Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong telah melakukan persiapan salah satunya menyiapkan tempat khusus penyimpanan vaksin," kata dia.

Dia mengatakan, ruang penyimpanan vaksin COVID-19 tersebut berada di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Rejang Lebong, di mana di dalam gudang ini telah disiapkan kotak-kotak pendingin yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan beberapa tahun lalu.

"Di dalam Gudang Farmasi Dinkes Rejang Lebong saat ini ada enam kotak pendingin, lima kotak kita siapkan untuk penyimpanan vaksin Sinovac. Setiap kotak ini bisa menampung lebih dari 1.000 vaksin," terangnya.

Kotak penyimpanan vaksin itu sendiri tambah dia, memiliki sistem pengaturan suhu sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau standar untuk vaksin COVID-19.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir menyebutkan pihaknya telah melakukan pelatihan penyuntikan vaksin kepada petugas kesehatan di 21 puskesmas dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong. Setiap puskesmas ini mengirimkan petugasnya 4-5 orang.

Program vaksinasi di daerah itu, kata dia, akan dilaksanakan dalam 21 puskesmas tersebar dalam 15 kecamatan, kemudian di RSUD Curup dan klinik milik pemerintah, klinik swasta maupun petugas kesehatan yang bertugas di dinas kesehatan setempat.

"Kuota yang kita ajukan ke Pemprov Bengkulu sebanyak 1.744, jumlah ini berasal dari tenaga kesehatan dan pejabat pemerintah yang akan dilakukan vaksinasi untuk tahap pertama, namun untuk jumlah pastinya masih menunggu dari provinsi," terangnya.**

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021