Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mencatat bahwa selama Januari 2021 di Bengkulu telah terjadi gempa lebih dari 60 kali. 

"Untuk Januari ini total gempa yang terjadi di Bengkulu ada sekitar 60 kali lebih," kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Pulau Baai Anang Anwar di Bengkulu, Kamis. 

Ia menambahkan bahwa gempa yang dirasakan oleh masyarakat ada sekitar 25 kali dan yang tidak dirasakan oleh masyarakat lebih dari 40 kali. 

Namun selama ini pihaknya hanya menyampaikan informasi kepada masyarakat jika gempa yang terjadi berkekuatan di atas 5 skala richter dan jika dibawah itu pihaknya tidak memberikan informasi tersebut kepada masyarakat. 

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak panik dan tidak takut jika Bengkulu dilanda gempa. 

Lanjut Anang, karena potensi gempa di Bengkulu sangat besar sekali yaitu mencapai sekitar 8,4 skala richter dan pernah terjadi pada 1844. 

"Jika di Bengkulu gempa masyarakat jangan khawatir, malah dengan adanya gempa lebih bersyukur karena gempa terjadi tidak langsung sekaligus tapi secara perlahan-lahan," terangnya.

Dengan terjadinya gempa dengan kekuatan kecil menyebabkan pelepasan energi di lempeng bumi akan terjadi terus menerus sehingga mengurangi terjadinya gempa besar di Bengkulu.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021