Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali menyiapkan dana sebesar Rp1,6 miliar yang bersumber dari APBD untuk kegiatan Karya Bhakti TNI di daerah tersebut.

“Dana Karya Bhakti TNI sebesar Rp1,6 miliar untuk membuat kegiatan pengerasan jalan yang masih berstatus tanah, pemasangan gorong-gorong dan pembukaan jalan baru,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Ruri dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Pemerintah setempat tahun 2020 tidak menyiapkan dana untuk Karya Bhakti TNI, yang ada dana untuk Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebesar Rp1 miliar.

Kemudian pemerintah setempat tahun ini kembali menyiapkan dana untuk Karya Bhakti TNI sebesar Rp1,6 miliar, atau sesuai dengan kebutuhan anggaran untuk pembangunan fisik.

Pemerintah setempat telah menetapkan lokasi pembangunan fisik melalui kegiatan Karya Bhakti TNI di daerah ini, yakni satuan pemukiman IV dan satuan pemukiman VII.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0428 Mukomuko, Letkol Inf. Y.M Teguh Edi Pamungkas mengatakan, saat ini masih dalam tahap perencanaan kegiatan Karya Bhakti TNI dan diupayakan pada pekan kedua bulan Maret 2021 kegiatan Karya Bhakti TNI ini sudah bisa dilaksanakan.

Kegiatan Karya Bhakti TNI di dua desa itu, yakni pembukaan jalan baru sebagai upaya untuk membuka akses jalan yang menghubungkan beberapa desa dan lahan pertanian.

Terkait dengan panjang jalan yang akan dibuka di dua desa daerah ini, katanya, belum final, kemungkinan akan disesuaikan dengan alokasi anggaran untuk melaksanakan kegiatan Karya Bhakti TNI.

"Panjang jalan ini masih kita rencanakan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Selain pembukaan jalan baru ini juga nantinya di tambah dengan gorong-gorong untuk menunjang pembukaan jalan baru tersebut,"ujarnya.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021