Bengkulu,  (Antara Bengkulu) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu Marjon mengatakan tidak ada pembatasan jumlah kuota penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang berasal dari luar kota tersebut.

"Kami tidak membatasi animo siswa yang berasal dari luar Kota Bengkulu untuk mendaftar ke sekolah di Kota Bengkulu, seluruh siswa diberikan peluang untuk mendaftar, biar mereka nanti yang bersaing secara sehat," katanya di Kota Bengkulu, Selasa.

Menurut dia siswa yang berasal dari daerah kabupaten lain juga mendapat kesempatan untuk melanjutkan sekolah di Kota Bengkulu sama seperti siswa yang bersekolah di Kota Bengkulu.

"Mereka semua sama, tidak ada porsi-porsi kuota untuk dalam maupun luar kota, tetapi juga ada beberapa langkah khusus agar siswa dari Kota Bengkulu sendiri nantinya tetap dapat bersekolah di sini," kata dia.

Kepala Bidang Perencanaan Diknasbud Kota Bengkulu Gianto menjabarkan langkah untuk mengantisipasi agar siswa dari Kota Bengkulu tetap mendapat peluang melanjutkan di sekolah yang ada di kota itu.

"Untuk pendaftar yang berasal dari luar Kota Bengkulu diterapkan pengurangan nilai sebesar 2,5. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kepincangan seperti pendaftar luar Kota Bengkulu banyak yang lulus sedangkan siswa yang Kota Bengkulu sendiri tidak dapat bersekolah karena tidak lulus, dan kabupaten lain juga memberlakukan ini untuk pendaftar dari luar daerah," katanya.

Dia juga mengatakan untuk siswa yang berasal dari luar Kota Bengkulu maka harus melakukan registrasi terlebih dahulu ke Diknasbud Kota Bengkulu sebelum mendaftar PPDB Online.

"Karena mereka belum masuk `data base` server kami, jadi mereka harus mendaftar ke diknas kota dulu agar data mereka ada di diknas kota, baru setelah itu merekan mendaftar secara online," kata dia.

Menurut dia siswa dapat memilih tiga sekolah pada waktu pendaftaran online PPDB yang akan berlangsung pada tanggal 1 Juli sampai dengan 5 Juli 2013 dan kelulusan akan diumumkan pada tanggal 6 Juli.

*

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013