Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu saat ini mulai memasarkan beras fortifikasi yang dipercaya mengandung vitamin dan mineral tinggi serta dapat mencegah stunting.

Kepala Perum Bulog Rejang Lebong, Guslindawati di Rejang Lebong, Senin, mengatakan beras fortifikasi yang mereka jual ini masih dalam bentuk kemasan 1 kg, di mana harga jualnya Rp25.000 per kg.

"Selain di Kantor Bulog Cabang Rejang Lebong, beras fortifikasi ini sudah bisa dibeli di dua apotek yang ada di Rejang Lebong yakni apotek Permata Bunda dan apotek Riski, harga jualnya Rp25.000 per kemasan ukuran 1 kg," kata dia.

Dia mengatakan, beras fortifikasi produk Bulog tersebut diberi nama beras Fortivit dan dikemas langsung di Bulog Wilayah Provinsi Bengkulu. Saat ini beras Fortivit ini baru dijual di dua apotek yang ada di Rejang Lebong saja sedangkan untuk di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Lebong belum ada.

Beras fortifikasi yang mereka jual ini kata dia, adalah beras berkualitas tinggi yang mengandung vitamin dan mineral. Kandungan yang ada di beras ini diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 atau asam folat, vitamin B12, zat besi dan zinc.

Keberadaan beras fortifikasi yang diproduksi Perum Bulog ini tambah dia, untuk membantu pemerintah menyediakan beras berkualitas tinggi dalam upaya pencegahan stunting atau lambat tumbuh pada anak, karena beras ini memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Manfaat lainnya kata Guslindawati, beras ini juga bagus dikonsumsi pada masa pandemi sekarang karena dapat meningkatkan stamina dan imunitas tubuh, kemudian melancarkan sirkulasi darah, menjaga fungsi jantung, syaraf, otak mata dan telinga.

Kemudian menjaga kesehatan sistem reproduksi, sistem perencanaan, rambut, kulit, sensitivitas indera perasa dan penciuman. Selanjutnya menjaga kesehatan tulang dan bisa membantu mengatasi masalah tidur, depresi dan masalah otot.

"Beras ini tidak perlu dicuci lagi, beda dengan beras lainnya. Kalau dicuci dikhawatirkan akan mengurangi kandugan vitamin dan mineral yang ada di dalam beras ini," tambah dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021